Monday, December 17, 2007

ILMU FALAK

Apa itu ilmu Falak (al-Falaq - dlm bahasa arab)?

Ilmu falak sebenarnya telah menjalinkan hubungan di antara agama dan sains. Dahulu masyarakat keliru dan menjauhi dengan ilmu falak dengan mendakwa ia merupalan cabang dari ilmu nujum ( Astrologi ). Pada 1920-an ia diaktifkan semula tetapi hanya meliputi aspek takwim dan arah kiblat. Pada 1980-an ilmu falak dianggap ilmu yang berasingan dari ilmu astronomi. Astronomi dianggap ilmu falak moden yang tiada kaitannya dengan ibadah. Walau bagaimanapun fahaman ini semakin terhakis dengan perkembangan ilmu falak.

Pengertian Ilmu falak

Bahasa :
• Falak berasal dari perkataan Sumerian iaitu Pilak yang bermaksud sesuatu yang berputar.

Istilah :
• Ikwan As-Safa ( Rassaa-il Ikwan As-Shafa ) menyatakan bahawa ilmu falak ialah ilmu yang mengkaji tentang tatasuria, menghitung jumlah bintang, mengukur pembahagian gugusan-gugusan bintang, jarak, saiz dan pergerakan badan-badan cakerawala serta mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengannya.

Dalil-dalil dari al-Quran:

i. Surah Yassin: 60:
“ Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis peredarannya.”

ii. Surah al-Anbiya’:33:
“ Dan dialah ( Allah ) yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan, masing-masing dari keduannya itu beredar di garisan peredarannya.”

Apa bezanya antara ilmu astronomi, ilmu falaq dan ilmu astrologi?


Astronomi dari segi bahasa etmologi membawa maksud peraturan bintang - "law of the stars". Astronomi juga dikenali sebagai Ilmu Falak iaitu ilmu kaji bintang. Ilmu Falak atau Astronomi merupakan cabang sains yang merangkumi pemerhatian / pencerapan dan penjelasan mengenai perkara yang berlaku di luar Bumi dan atmosfera bumi. Astronomi juga sering dikaitkan dengan astrofizik.

Astronomi merupakan beberapa cabang sains di mana amatur masih memainkan peranan penting, khususnya dalam menjumpai dan mencerap phenomena perantaraan. Ini berbeza dengan astrologi, pseudosains yang cuba untuk meramal takdir seseorang dengan mengikuti pergerakan planet dan bintang. Walaupun kedua bidang mempunyai asal yang sama, mereka adalah berbeza dari segi astronomi menggunakan kaedah saintifik, sementara astrologi tidak mempunyai asas sains.

Memandangkan astronomi merangkumi bidang yang luas, astronomi biasanya dibahagikan kepada beberapa cabang. Pembahagian ini tidak unik dan pertindihan dan pakar astronomi yang kerjanya merangkumi beberapa cabang adalah perkara biasa. .

Perbezaan utama adalah di antara (astronomi pencerapan dan teori) berbanding dengan astrofizik. Pemerhati menggunakan pelbagai cara untuk mendapatkan data mengenai phenomena berbeza, data yang kemudiannya digunakan oleh pakar theori untuk mereka dan membentuk teori dan model, untuk menjelaskan pemerhatian dan meramalkan pencerapan baru. Bidang kajian juga dikelaskan kepada dua cara: menurut perkara, biasanya menurut kawasan angkasa (contoh astronomi galaksi) atau masalah (seperti pembentukan bintang atau kosmologi); dan menurut cara pakar astronomi mendapatkan data (contoh astronomi optikal atau radioastronomi)

Ianya mustahil untuk menentukan bilakan bidang astronomi bermula. Semenjak beribu-ribu tahun dahulu pastinya penghuni gua telah pun mendongak kearah langit dengan penuh kekaguman dengan apa yang mereka lihat disitu, oleh itu dari satu segi, mereka merupakan seorang pemerhati bintang; mereka menyedari perkara luar biasa yang berlaku, seperti gerhana, dan tidak hairanlah rekod bertulis mengenai teori dan pengamatan manusia telah wujud sejak tulisan dicipta.

Tamadun manusia awal mempercayai bahawa Bumi adalah rata dan berkedudukan kaku, dengan keseluruhan lagit berputar mengelilinginya sekurang-kurangnya sekali sehari. Sesetengah kepercayaan mereka kedengaran pelik kepada kita masa kini. Sami Vedik India percaya bahawa Bumi disokong di atas dua belas tiang agung; semasa waktu malam Matahari lalu di bawah, melalui celah antara tiang tanpa mengenai tiang-tiang tersebut. Lebih menghairankan lagi adalah teori Hindu yang menyatakan bahawa Bumi terletak di belakang empat ekor gajah; gajah tersebut berdiri di atas cengkerang kura-kura gergasi, sementara kura-kura tersebut sendiri berdiri di atas naga yang terapung di atas lautan luas.

Manusia purba terpaksa bermula dari awal dan kesilapan pastinya tidak dapat dielakkan, tetapi sekurang-kurangnya pencerapan bintang yang berguna dapat dilakukan, dan rekod awal terbukti amat berguna. Kemungkinannya pengkaji langit pertama yang sebenar adalah orang-orang Cina.

Sekitar 3000 S.M. orang-orang Cina mula menggunakan kiraan 'Tahun' yang terdiri daripada 365 hari, yang membolehkan mereka menghasilkan takwim. Ia tidak penting kepada mereka sama ada Matahari mengelilingi Bumi, atau Bumi mengelilingi Matahari; 365 hari setahun adalah tepat dalam kedua-dua kes. Pakar astronomi Maharaja Cina menghasilkan takwim yang boleh diharap dan mampu menjangkakan bila gerhana berlakunya.

Bulan tidak mempunyai cahayanya sendiri, dan ia merupakan jisim yang agak kecil hanya 2,160 batu ukur keratan rentas diameter Matahari yang mempunyai keratan rentas sebesar 864,000 batu, terletak lebih jauh berbanding Bulan sehinggakan ia kelihatan hampir sama saiz di langit, dan inilah yang membolehkan gerhana matahari berlaku.

Semasa pergerakan bulanannya mengelilingi Bumi, Bulan kadang-kala terpaksa melalui depan Matahari. Pada ketika itu bahagian gelap Bulan berputar ke arah bumi, sebagaimana ditunjukkan di dalam gambarajah; dan oleh kerana bahagian ini tidak memancar, Bulan tidak kelihatan. Ketika mana ia bergerak antara Bumi dan Matahari, ia melindungi sebahagian permukaan matahari,

Semasa peredaran bulanannya mengelilingi Bumi, Bulan kadang-kala mesti melintas di hadapan Matahari. Pada ketika itu, bahagian gelap bulan menghadap ke arah bumi, dan disebabkan bahagian ini tdak membalikkan cahaya, bulan tidak dapat dilihat. Ketika ia bergerak antara Bumi dan Matahari, ia menutup sebahagian permukaan Matahari, bayangan berbentuk gigitan kelihatan pada permukaan Matahari, dan ia bertambah besar ketika gerhana berterusan. Sekiranya Bulan menutup Matahari sepenuhnya, gerhana penuh berlaku dan atmosfera Matahari kelihatan seketika dengan gambaran mengkagumkan.

Biasanya ia mustahil untuk melihat atmosphera Matahari dengan mata kasar atau dengan teleskop biasa, kerana ia ditenggelami oleh silauan Matahari itu sendiri. Bagaimanapun, apabila Bulan bertindak sebagai tabir, gambaran sepenuhnya terdedah—gas bak kilauan permata yang memancar yang dikenali sebagai korona, dan juga suar merah menyala yang menjulang dari permukaan suria. Kesemua gerhana penuh berlaku dalam tempoh skitar lapan minit. Sebaik sahaja sebahagian daripada bahagian matahari keluar, korona dan julangan tersebut tenggelam; dan Bulan bergerak tenang dalam peredarannya, dan gerhana pun tamat.

Walaupun orang-orang Cina mempercayai bahawa seekor naga sedang cuba menelan matahari, dan mereka perlu menghalau naga tersebut dengan menjerit, memukul gong, dan periuk bagi membuat bising, mereka tahu bahawa setiap gerhana akan diikuti oleh gerhana berikutnya setiap lapan belas tahun dan sebelas hari kemudian, dan dengan mengira dengan menggunakan tempoh Soros mereka boleh bersedia. Kadang kala kesilapan berlaku, dan terdapat satu kisah mashyur mengenai dua orang pakar astronomi istana malang, Hsi dan Ho, yang dihukum bunuh kerana gagal menjangka gerhana matahari. Ianya mungkin sekadar lagenda, tetapi tidak dipertikaikan lagi bahawa ramalan gerhana telah dibuat oleh manusia yang hidup 4,000 tahun dahulu.

Gerhana matahari tidak berlaku setiap bulan, kerana laluan atau orbit bulan jelas menyenget, dan dalam kebanyakan kes bulan yang gelap, oleh itu tidak dapat dilihat melintasi dibahagian atas atau di bawah Matahari di langit, dengan itu tiada gerhana berlaku.

Astrologi (bahasa Greek: αστήρ, αστρός (astér, astrós), "bintang", λόγου (lógos, lógou), "kajian": maknanya kajian bintang) merupakan bebrapa sistem, tradisi dan kepercayaan yang mangaplikasikan kedudukan relatif badan di angkasa lepas untuk memahami, mentaksir, dan mengaturkan maklumat tentang keperibadian, hal ehwal manusia dan perkara lain di bumi. Astrologi mula diamalkan sejak 2000 S.M.

Pengamal astrologi dipanggil ahli astronomi. Astronomi telah didefinisikan sebagai bahasa perlambangan, sebentuk seni, sejenis sains, serta satu kaedah pemujaan.Masyarakat sains sering menganggap astrologi sebagai pseudosains atau pantang larang. Walaupun prinsip astrologi tidak mempunyai sebarang bukti sains, ia masih dipercayai oleh ramai orang.

3 comments:

Anonymous said...

PENETAPAN AWAL BULAN QAMARIYAH DENGAN SISTEM EPHEMERIS


A. Pendahuluan

Penentuan awal bulan qamariyah penting artinya bagi ummat Islam, sebab selain untuk menentukan hari-hari besar Islam, juga yang lebih penting adalah untuk menentukan awal dan akhir bulan ramadan dan bulan zul hijjah, karena masalah ini menyangkut ibadah mah}d}ah.
Persoalan awal bulan Ramadan dan Syawwal merupakan masalah klasik, tetapi senantiasa aktual. Klasik, karena sejak awal Islam masalah ini sudah mendapatkan perhatian dan pemikiran yang serius. Tapi ia aktual, karena hampir setiap tahun khususnya menjelang ramadan dan syawwal, persoalan ini sering menimbulkan polemik berkepanjangan.
Penentuan awal dan akhir bulan ramadan pada hakikatnya adalah penentuan awal bulan ramadan dan awal bulan syawwal, yaitu dua nama bulan dalam sistem kalender Hijriyah yang perhitungannya didasarkan pada peredaran “bulan mengelilingi bumi”, yang dikenal dengan sistem qamariyyah atau lunar system atau tahun candra. Bila dalam penentuan awal waktu salat dan penentuan arah kiblat kaum Muslimin sepakat menggunakan hasil (perhitungan astronomis), maka untuk penentuan awal bulan qamariyah ini tidaklah demikian. Satu pihak mewajibkan hanya dengan rukyat (pengamatan dengan mata kepala) saja, tapi pihak yang lain mencukupkan diri dengan hasil hisab.
B. Metode Penetapan Awal Bulan Qamariyyah.
Manusia diberi kemampuan berpikir dan dalam ajaran Islam manusia diperintahkan memanfaatkan fasilitas kemampuan berpikir ini untuk memahami benda-benda dan fenomena alam. Hila@l merupakan salah satu fenomena alam dalam tata surya kita. Ia merupakan bagian dari untaian proses perubahan penampakan wajah bulan di langit dan mempunyai siklus yang beraturan. Tahapan perubahan penampakan wajah bulan itu secara teknis dinamakan fase bulan. Misalnya bulan purnama dinamakan fase satu (100% bagian bulan yang tercahayai matahari menghadap bumi) dan bulan mati dinamakan fase nol (0% bagian permukaan yang tercahayai matahari menghadap bumi) dan sebagainya.
Pengetahuan tentang visibilitas hila@l itu memperkaya khasanah astronomi, suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari alam semesta dan isinya. Dan juga proses sebaliknya, pengetahuan astronomi dipergunakan untuk memahami fenomena visibilitas hila@l.
Sekalipun pada masa Rasulullah s.a.w. penentuan awal dan akhir bulan ramadan itu menggunakan dua cara yaitu ru’yat al- hila@l wa al-istikma@l, namun akibat perkembangan zaman dan iptek, dalam hal ini ilmu astronomi, maka proses penentuan awal bulan ramadan dan syawwal juga mengalami perkembangan dengan digunakannya sistem perhitungan astronomis yang populer dengan nama metode hisab.
Penggunaan metode hisab sebagai dasar penentuan awal ramadan dan syawwal, meskipun tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah s.a.w, namun mempunyai dasar pijakan dalam al-Qur’an maupun Hadis Rasul saw. Ayat-ayat al-Qur’an dimaksud antara lain bisa dilihat dalam al-Baqarah: 189; al-An’a>m: 96-97; at-Taubah: 36; Yu>nus: 5; al-H{ijr: 16; al-Isra>’: 12; al-Anbiya>’: 33; Ya>si>n: 38-40; Ar-Rah}ma>n: 5 dan 33.
Ayat-ayat tersebut memberikan gambaran bahwa gerak matahari, bumi dan bulan sesuai dengan sunnatullah sehingga dapat diperhitungkan dan bahkan secara eksplisit ada yang menyatakan sebagai dasar untuk mengetahui bilangan tahun dan perhitungan waktu (lihat: al- An’a>m : 96-97; Yu>nus: 5; al-Isra>’: 12).
Adapun hadis Rasulullah s.a.w. yang dapat dikemukakan antara lain adalah : Janganlah kamu berpuasa, kecuali setelah melihat hila>l dan janganlah kamu berbuka, kecuali setelah melihatnya. Apabila ada mendung, maka perkirakanlah untuknya. Atau dengan redaksi yang lain, Rasul saw bersabda: Berpuasalah kamu kerana melihat h}ila>l dan berbukalah kamu karena melihat hilal. Bila hila>l tertutup debu atasmu, maka sempurnakanlah bilangan bulan sya’ban tiga puluh (hari) .
Dengan memperhatikan ayat-ayat al Qur’an tersebut diatas, maka jelaslah bagi kita bahwa ilmu hisab itu menurut sebagian ulama’ memiliki otoritas syar’i, di samping metode rukyat yang didasarkan atas hadis-hadis Rasul saw. Dengan demikian, maka secara garis besar, metode yang digunakan oleh kaum muslimin ada dua, yaitu metode rukyat dan metode hisab .
Secara garis besar ada 2 macam sistem hisab yang berkembang di masyarakat seperti yang bisa kita baca dalam buku Almanak dan Rukyat yang diterbitkan oleh Departemen Agama, yaitu hisab ‘urfi@ dan hisab h{aqi>qi>.
Hisab ‘urfi@ adalah sistem perhitungan yang didasarkan peredaran rata-rata bulan dan bumi mengelilingi matahari. Dalam hisab ‘urfi@ bulan-bulan gasal umurnya ditetapkan 30 hari, sedang bulan-bulan genap umurnya 29 hari, kecuali untuk tahun panjang umur bulan zul hijjah ditetapkan 30 hari. Oleh sebab sistem perhitungannya didasarkan pada peredaran rata-rata bumi dan bulan dalam mengelilingi matahari, maka para ulama sepakat menyatakan bahwa hisab ‘urfi@ ini tidak dapat dijadikan dasar untuk menetapkan awal dan akhir bulan qamariyah.
Sementara itu golongan yang menggunakan hisab h{aqi>qi>, ada yang berpedoman pada ijtima’ dan ada pula yang berpedoman pada posisi hilal. Yang berpedoman pada ijtima’ ada yang memakai acuan ijtima’ qabl al-fajr dan ada yang memakai acuan ijtima’ qabl al-ghuru>b. Sedang golongan yang berpedoman pada posisi hila>l, ada yang menggunakan acuan ufuk h{aqi>qi>, ufuk h}issi@ dan ufuk mar’i@.
Dilihat dari sistem perhitungannya, hisab h}aqi>qi> dapat diklasifikasikan pada 3 kelompok, yaitu h{aqi>qi> taqri@bi@, h{aqi>qi@ tah}qi>qi> dan kontemporer. Disebut taqri@bi@ karena sistem ini melakukan perhitungan saat terjadinya ijtima’ (konjungsi) dan ketinggian hila>l dengan cara sederhana yaitu mencari rata-rata waktu ijtima’ dengan ditambah koreksi-koreksi sederhana. Sistem ini menggunakan data yang bersumber dari buku astronomi yang ditulis Ulugh Beyk (wafat 854 M ). Sistem ini tidak menggunakan rumus-rumus spherical trigonometri dan tidak memperhitungkan posisi perukyat (observer) serta posisi bulan dan matahari secara detail. Untuk memperoleh data, sistem ini menggunakan data abadi yang hanya diterbitkan satu kali, sehingga tidak pernah dilakukan koreksi-koreksi. Adapun kitab-kitab yang menggunakan sistem taqri@bi@ ini antara lain kitab Sullam al-Nayyirain , Fath} al-Ra’u>f al-Manna>n , Qawa>’id al-Falakiyyah.
Berbeda dengan sistem hisab h{aqi>qi> taqri@bi@, maka proses perhitungan hisab h{aqi>qi@ tah}qi>qi> lebih detail dengan koreksi-koreksi yang lebih banyak, meskipun hasilnya kurang akurat. Diantara kitab yang menggunakan sistem ini adalah kitab Khula>s}ah al Wafiyyah , Hisab Hakiki , Al-Mat}la’ al-Sa’i>d , Hisab Awal Bulan .
Sementara itu, sistem hisab kontemporer untuk saat ini dipandang sebagai sistem yang paling cocok dijadikan acuan dalam menetapkan posisi hilal. Seperti halnya hisab h}aqi@qi@ tah}qi@qi@, sistem hisab ini juga memperhatikan posisi observer, data deklinasi, sudut waktu atau assensiorekta dari bulan dan matahari setiap saat, di samping koreksi-koreksi yang sangat detail dan teliti, sehingga akurasi perhitungannya mendekati tingkat kepastian. Oleh karena itu, sistem hisab ini dipergunakan dan dikembangkan oleh lembaga-lembaga astronomi, misalnya Planetarium, Badan Meteorologi & Geofisika, Observatorium Bosscha ITB dan sebagainya. New Comb, Jean Meeus, Almanak Nautika dan Ephemeris Rukyat adalah buku-buku yang mewakili sistem ini.
Hakikat perbedaan ketiga sistem di atas, terletak pada cara perhitungan irtifa>’ (ketinggian) hila>l. Menurut sistem hisab h{aqi>qi> taqri@bi@, data irtifa>’ hila>l pada saat matahari terbenam diperoleh dari selisih waktu ijtima’ dengan terbenam matahari lalu dibagi dua, tanpa memperhatikan posisi observer, deklinasi dan sudut waktu atau assensiorekta. Sedang sistem hisab h{aqi>qi@ tah}qi>qi> dan kontemporer memperhatikan ketiga unsur tersebut, bahkan juga memperhatikan pengaruh refraksi (pembiasan), parallax (beda lihat), DIP (kerendahan ufuk) serta semi diameter (jari-jari bulan).


C. Ephemeris Hisab Rukyat.
Seperti telah dijelaskan di muka bahwa salah satu metode hisab kontemporer itu adalah Ephemeris Hisab Rukyat. Metode ini berasal dari American Ephemeris yang dikembangkan oleh Departemen Astronomi Institut Tekonologi Bandung (ITB) dan saat ini menjadi salah salah satu acuan Departemen Agama di dalam menentukan awal bulan Ramadan, Syawwal maupun Z|ul Hijjah.
Di dalam almanak ini disediakan data mengenai matahari dan bulan yang dapat dijadikan acuan dalam melakukan kegiatan hisab dan rukyat. Lebih lanjut data dimaksud dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Data Matahari, antara lain:
a. Ecliptic Longitude atau Bujur Astronomis ( تـقـويم / الطـول ) yaitu jarak matahari dari titik Aries ( Vernal Equinox / الحـمـل ) diukur sepanjang lingkaran ekliptika. Jika nilai bujur astronomis matahari dan bulan sama, maka terjadilah ijtima’. Data ini diperlukan untuk ijtima’ atau gerhana.
b. Ecliptic Latitude atau Lintang Astronomis, yaitu jarak titik pusat matahari dari lingkaran ekliptika. Data ini dibutuhkan antara lain untuk perhitungan gerhana.
c. Apparent Right Ascension atau Asensio Rekta ( الـصـعـود المـستـقـيم / المـطـالـع الـبلا ديــة ), atau Panjatan Tegak, yaitu jarak matahari dari titik Aries ( Vernal Equinox / الحـمـل ) diukur sepanjang lingkaran Equator. Data ini diperlukan antara lain untuk ijtima’, gerhana dan ketinggian hilal.
d. Apparent Declination atau Deklinasi Matahari yang terlihat dan bukan yang hakiki ( مـيل الشـمس ), yaitu jarak matahari dari Equator. Data ini diperlukan untuk awal waktu shalat, bayang-bayang kiblat, ijtima’ dan irtifa>’ hila>l.
e. True Geocentric Distance atau Jarak Geosentris, yaitu jarak antara Bumi dan Matahari. Nilai 1 pada data ini merupakan jarak rata-rata Bumi-Matahari, sekitar 150 juta km. Jarak terdekat pada saat Bumi menempati titik api terdekat, yaitu Perigee (حـضـيض ), sedang jarak terjauh ketika Bumi berada di Apoge (الأ وج ). Data ini diperlukan untuk gerhana.
f. Semi Diameter atau Jari-jari Matahari (نـصـف الـقـطــر ), yaitu jarak titik pusat Matahari dengan piringan luarnya. Data ini dibutuhkan untuk terbit dan terbenam matahari.
g. True Obliquity atau Kemiringan Ekliptika ( المـيل الـكلي ), yaitu kemiringan Ekliptika dari Equator. Data ini diperlukan untuk ijtima’ dan gerhana.
h. Equation of Time atau Perata Waktu ( تـعــديـل الـو قـت / تـعــديـل الشمس ), yaitu selisih antara waktu kulminasi Matahari Hakiki dengan waktu kulminasi Matahari Pertengahan. Data ini dibutuhkan terutama dalam awal waktu shalat.
2. Data Bulan, antara lain:
a. Apparent Longitude atau Bujur Astronomis Bulan yang terlihat (تــقـويم / طـول الـقمــر), yaitu jarak antara titik Aries ( Vernal Equinox / الحـمـل ) diukur sepanjang lingkaran Ekliptika. Data ini diperlukan untuk ijtima’ dan gerhana.
b. Apparent Latitude atau Lintang Astronomis Bulan yang terlihat (عـرض الـقـمــر), yaitu jarak antara Bulan dengan Lingkaran Ekliptika diukur sepanjang lingkaran kutub ekliptika. Nilai maksimum dari Lintang Astronomis Bulan ini adalah 5° 8'. Nilai positif, berarti Bulan berada di Utara ekliptika dan nilai negatif, berarti di Selatan ekliptika. Jika saat ijtima’ nilai lintang Astronomis Bulan sama atau hampir sama dengan nilai Lintang Astronomis Matahari, maka akan terjadi Gerhana Matahari. Data ini diperlukan untuk ijtima’ dan gerhana.
c. Apparent Right Ascension atau Asensio Rekta ( الـصـعـود المـستـقـيم / المـطـالـع الـبلا ديــة ), atau Panjatan Tegak, yaitu jarak titik pusat Bulan dari titik Aries (Vernal Equinox / الحـمـل ) diukur sepanjang lingkaran Equator. Data ini diperlukan antara lain untuk ijtima’, gerhana dan ketinggian hila>l.
d. Apparent Declination atau Deklinasi Bulan yang terlihat dan bukan yang hakiki ( مـيل الـقمــر ), yaitu jarak Bulan dari Equator. Data ini diperlukan untuk ijtima’, gerhana dan hisab irtifa>’ hila>l.
e. Horizontal Parallax. Parallax ( إخـتلاف المـنـظـر ) itu adalah sudut antara garis yang ditarik dari benda langit ke titik pusat bumi dan garis yang ditarik dari benda langit ke mata pengamat. Horizontal Parallax adalah parallax dari bulan yang sedang berada persis di horizon/ufuk. Data ini diperlukan untuk melakukan koreksi ketinggian hila>l dari irtifa>’ h{aqi>qi> menjadi irtifa>’ mar-i@.
f. Semi Diameter atau Jari-jari Bulan ( نـصـف الـقـطــر ), yaitu jarak titik pusat bulan dengan piringan luarnya. Data ini dibutuhkan untuk ketinggian piringan atas hilal, sebab semua data bulan adalah data titik pusatnya.
g. Angle Bright Limb atau Sudut Kemiringan Bulan yaitu sudut kemiringan piringan hila>l yang memancarkan sinar sebagai akibat arah posisi hilal dari matahari. Sudut ini diukur dari garis yang menghubungkan titik pusat hilal dengan titik Zenith ( سمت الــرأس ) ke garis yang menghubungkan titik pusat hilal dengan titik pusat matahari dengan arah sesuai dengan perputaran jarum jam.
h. Fraction Illumination, adalah besarnya piringan bulan yang menerima sinar matahari dan menghadap ke bumi. Data ini dapat dijadikan pedoman untuk menghitung ijtima’ dan bulan purnama atau pengecekan mengenai besarnya hila>l.
C. Sistem Hisab Ephemeris
Seperti halnya sistem kontemporer yang lain, maka untuk menghitung masuknya awal bulan Qamariyah, sistem hisab Ephemeris menggunakan data astronomik guna mengetahui kondisi bulan, baik yang berkenaan dengan saat ijtima’ (konjungsi)nya dengan matahari, ketinggiannya, azimuthnya maupun saat terbenamnya matahari pada hari ke 29 setiap bulan.
Hisab awal bulan Qamariyah dengan sistem Ephemeris dilakukan melalui tahapan-tahapan berikut:
1. Menentukan Markas sebagai Lokasi Observasi.
Misalnya, Tanjung Kodok dengan posisi geografis: φ = - 6°51' 50.22'' λ = 112° 21' 27.8'', ketinggian 10 meter.
2. Hisab Ijtima’.
Yang dimaksud dengan hisab ijtima’ disini adalah perhitungan tentang tanggal, bulan dan tahun serta pukul berapa (GMT) ijtima’ dimaksud terjadi. Dengan demikian, maka dalam menghisab ijtima’ ada 2 (dua) tahapan, yaitu:


a. Memprakirakan Tanggal, Bulan dan Tahun Ijtima’.
Sebelum melakukan hisab ijtima’ awal bulan Qamariyah, hal yang perlu dilakukan adalah menentukan prakiraan tentang jatuhnya akhir bulan Qamariyah sebelumnya dalam kalender Masehi dengan jalan mengkonversi kalender Hijriyah ke kalender Masehi. Ini cukup dilakukan dengan hisab ‘urfi, yakni dengan menggunakan rumus-rumus perbandingan tarikh.
Misalnya kita ingin menghisab ijtima’ akhir bulan Ramadan 1428 H untuk penentuan awal bulan Syawwal 1428 H. Tarikh Hijriyah sampai dengan tanggal tersebut telah berlangsung selama:
1427 tahun + 8 bulan + 30 hari
• Jumlah hari
1427 ÷ 30 = 47 siklus + 17 tahun
47 siklus = 47 x 10631 = 499 657 hari
17 tahun = 17 x 354 + 6 = 6 024 hari
8 bulan = Muharram s/d Sya’ban = 236 hari
30 hari = dari bulan Ramadan = 30 hari
Jumlah = 505 947 hari
Koreksi Gregorius = 13 hari +
Jumlah sebenarnya = 505 960 hari
Selisih M – H = 227 015 hari +
Jumlah hari Masehi = 732 975 hari
• Mencari Tanggal Masehi
732 975 ÷ 1461 = 501 siklus (pecahan diabaikan)
501 siklus = 501 x 4 = 2004 tahun
501 x 1461 = 731 961 hari
732 975 – 731 961 = 1014 hari
1014 ÷ 365 = 2 tahun
2 x 365 = 730 hari
1014 – 730 = 284 hari
284 hari = 9 bulan + 11 hari
Total = 2006 tahun + 9 bulan + 11 hari
1 + 1
2007 tahun + 10 bulan + 11 hari
• Kesimpulan
Dengan demikian, maka tanggal 30 Ramadan 1428 H bertepatan dengan tanggal 11 Oktober 2007 M, hari Kamis Legi.
b. Memprakirakan Waktu Ijtima’.
Dengan berbekal hasil hisab di atas, selanjutnya kita mengacu pada data dalam Ephemeris tanggal 11 Oktober 2007 untuk mengetahui pukul berapa ijtima’ itu akan terjadi. Adapun langkah-langkah perhitungannya sebagai berikut:
1). FIB (Fraction Illumination Bulan) terkecil adalah 0.00087 pada Pk. 04.00 GMT tanggal 11 Oktober 2007.
2). ELM (Ecliptic Longitude Matahari) pada Pk. 04.00 GMT adalah 197°27' 56".
3). ALB (Apparent Longitude Bulan) pada Pk. 04.00 GMT adalah 196° 59' 27''.
4). Sabak Matahari perjam adalah:
ELM Pk. 04.00 GMT = 197°27' 56"
ELM Pk. 05.00 GMT = 197°30' 24''
Sabaq Matahari (SM) = 0°2' 28''
5). Sabaq Bulan perjam adalah:
ALB Pk. 04.00 GMT = 196° 59' 27''
ALB Pk. 05.00 GMT = 197°29' 16''
Sabaq Bulan (SB) = 0°29' 49''
6). Saat Ijtima’ :

Jam FIB + ( ) + 7

= 04.00 + ( ) + 7

= 04.00 + ( ) + 7

= 04.00 + ( 1° 2' 29.18 '' ) + 7
= Pk. 12. 2' 29.18 (dibulatkan Pk. 12: 2' WIB).
Dengan demikian, maka ijtima’ akhir bulan Ramadan 1428 H terjadi pada tanggal 11 Oktober 2007, hari Kamis Legi, pukul 12: 2' WIB.
3. Hisab Terbenam Matahari
Untuk menghitung saat terbenam matahari pada tanggal terjadinya ijtima’, terlebih dahulu kita hisab harga sudut waktu ( t ) matahari pada saat itu. Setelah itu, baru kemudian kita hisab saat ghurub dan untuk itu diperlukan data berikut:
φ Tanjung kodok = - 6°51' 50.22''
λ Tanjung Kodok = 112° 21' 27.8''.
e (pk. 11 GMT) = 0 13 10
δ Matahari ( pk. 11 GMT) = -6° 57' 57''
SD Matahari (pk. 11 GMT) = 0°16' 01.17''
Refraksi = 0° 34.5'
DIP ( 1.76 √ 10 ) ÷ 60 = 0°5' 33.94''
KWD (105 – 112° 21' 27.8'' ) ÷ 15 = -0°29' 25.85''.
Tinggi ( h ) Matahari : 0 – SD – Ref – DIP = - 0° 56' 5.11''
Dengan acuan data di atas, maka harga sudut waktu ( t ) matahari dihitung dengan rumus:
Cos t = - tan φ x tan δ + sec φ x sec δ x sin h.
exe shift cos ans exe shift °
Perhitungan : Cos t = - tan - 6°51' 50.22'' x tan -6° 57' 57'' + 1/cos - 6°51' 50.22'' x 1/cos -6°57' 57'' x sin - 0° 56' 5.11'' 91° 47' 29.11''.
Hasil perhitungan di atas dijadikan satuan waktu dengan cara dibagi 15, yaitu : 91°47' 29.11'' ÷ 15 = 6 7 9.94
Selanjutnya saat terbenam matahari dihisab dengan menggunakan rumus :
12 – e + t ÷ 15 + KWD

Perhitungan : 11 46 50 + 6 7 9.94 + - 0 29 25.85 = 17 24 34.09
Dengan demikian, pada tanggal 11 Oktober 2007, matahari terbenam terjadi pada Pukul 17: 24: 34. 09 WIB.
4. Ketinggian ( h ) Bulan
Sebelum menghisab ketinggian hilal, terlebih dahulu saat matahari terbenam pada tanggal 11 Oktober 2007, yakni pukul 17: 24: 34.09 WIB itu dikonversi ke waktu GMT dengan cara dikurangi 7 jam. Dengan demikian, maka terbenam matahari pada saat itu sama dengan pukul 10: 24: 34.09 GMT. Hal ini dilakukan karena data yang akan digunakan dalam Almanak Ephemeris itu data untuk GMT. Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa data dalam Almanak Ephemeris hanya tersedia dalam satuan jam perjam dan tidak dalam pecahan menit dan detik. Oleh karena itu, maka semua data yang akan dicari harus diinterpolasi dengan rumus :
A – (A – B ) x C ÷ I.
Setelah itu, data matahari dan bulan untuk tanggal 11 Oktober 2007 disiapkan untuk menghisab ketinggian hilal dengan langkah-langkah berikut:
a. Mencari RA Matahari Pk. 10: 24: 34.09 GMT
RA pk. 10 = 196° 19' 42" ( A )
RA pk. 11 = 196° 22' 00'' ( B )
Sisa menit dan detik = 0° 24' 34.09'' ( C )
Interval = 1 ( I )
Interpolasi = A – (A – B ) x C ÷ I
= 196° 19' 42" – ( 196° 19' 42" – 196° 22' 00'' ) x
0° 24' 34.09'' ÷ 1
RA pk. 10: 24: 47.45 = 196° 20' 38.5"
b. Mencari RA Bulan Pk. 10: 24: 34.09 GMT
RA pk. 10 = 197° 04' 34'' ( A )
RA pk. 11 = 197° 31' 50'' ( B )
Sisa menit dan detik = 0°24' 34.09'' ( C )
Interval = 1 ( I )
Interpolasi = A – (A – B ) x C ÷ I
= 197° 04' 34'' – (197° 04' 34'' – 197° 31' 50'' ) x
0°24' 34.09'' ÷ 1
RA pk. 10:24: 47.45 GMT = 197° 15' 43.8"
c. Mencari Sudut Waktu ( t ) Bulan
Rumus: RA Matahari – RA Bulan + t Matahari
( t ) Bulan Pk. 10: 24: 47.45 GMT = 196° 20' 38.5" – 197°15' 43.8" + 91°47' 29.11"
= 90° 52' 23.81"
d. Mencari Deklinasi ( δ ) Bulan Pk. 10: 24: 34.09 GMT
δ Bulan pk. 10 = - 11° 05' 23'' ( A )
δ Bulan pk. 11 = - 11° 18' 28'' ( B )
Sisa menit dan detik = 0°24' 34.09'' ( C )
Interval = 1 ( I )
Interpolasi = A – (A – B ) x C ÷ I
= - 11° 05' 23'' – (- 11° 05' 23'' – - 11° 18' 28'' ) x
0°24' 34.09'' ÷ 1
( δ ) Bulan Pk. 10: 24: 47.45 GMT = - 11° 10' 44.43"
e. Mencari Irtifa>’ Hila>l H{aqi@q@i
Rumus: Sin h = sinˉ¹ ( sin φ . sin δ + cos φ . cos δ . cos t ) exe shift °
= sinˉ¹ ( sin - 6°51' 50.22'' x sin - 11° 10' 47.35" + cos - 6°51'
50.22'' x cos - 11° 10' 47.35" x cos 90° 54' 38.62" )
= 0° 28' 37.32" ( tanggal 11 Oktober 2007)
f. Mencari Irtifa>’ Hila>l Mar-@i
Untuk mencari Irtifa>’ Hila>l Mar-@i, maka harga Irtifa>’ Hila>l H{aqi@q@i harus dikoreksi dengan Parallax, Semi Diameter, Refraksi Bulan dan DIP. Berikut penjelasan masing-masing:
1). Parallax
Secara umum, parallax itu berarti perubahan arah lihat atau arah pandang pada sebuah benda kalau pengamat berubah tempat. Di dalam astronomi, parallax sebuah benda langit mempunyai arti khusus, yaitu perbedaan arah pandang terhadap benda tersebut kalau pengamat berada di titik pusat bumi dengan arah pandang di permukaan bumi.
Dengan koreksi parallax ini, berarti tinggi hilal bukan dihitung dari titik pusat bumi, melainkan dari permukaan bumi yang ditempati pengamat.
Harga parallax ini diperoleh dengan rumus: Horizontal Parallax (HP) dikalikan cos irtifa>’ hila@l h{aqi@q@i. Data HP pukul 10 atau 11 tanggal 11 Oktober 2007 dalam Almanak Ephemeris adalah 0°54' 8". Dengan demikian, maka koreksi Parallaks = 0°54' 08" x cos 0°28' 37.32" = 0° 54' 7.89", yang kemudian dikurangkan kepada irtifa>’ hila@l h{aqi@q@i.
2). Semi Diameter
Untuk benda langit yang dekat, khususnya matahari dan bulan, koreksi semi diameter ini perlu sekali. Posisi yang sebenarnya bagi setiap benda langit dinyatakan oleh posisi titik pusatnya pada bola langit. Di dalam pengamatan, yang menjadi sasarannya bisa jadi pinggiran permukaan atas atau pinggiran permukaan bawahnya atau juga antara keduanya. Oleh karena itu, dalam prakteknya, koreksi semi diameter ini bisa ditambahkan ke irtifa>’ hila@l h{aqi@q@i bila yang diamati itu sisi permukaan bagian atas, atau dikurangkan ke irtifa>’ hila@l h{aqi@q@i bila yang diamati itu sisi permukaan bagian bawahnya.
Data koreksi semi diameter untuk tanggal 11 Oktober 2007 dalam Almanak Ephemeris harganya berbeda, yakni 0°14' 45.07" (pk. 10) dan 0°14' 44.95" (pk. 11). Untuk itu, kita boleh menggunakan salah satu dari keduanya.
Dengan koreksi semi diameter ini, berarti yang kita hitung adalah posisi piringan atas bulan dan bukan titik pusatnya.
3). Refraksi
Jalannya cahaya benda langit mengalami pembiasan atau pembelokan dalam atmosfir bumi, sehingga arahnya ketika mencapai mata pengamat tidak sama dengan arah semula. Akibat pembiasan itu, posisi benda langit yang terlihat dari bumi lebih tinggi dari posisi yang sebenarnya. Harga refraksi itu bisa berubah-ubah sesuai dengan ketinggian benda langit yang bersangkutan. Tetapi harga refraksi benda langit terbesar adalah 0° 34.5', yakni ketika benda langit tersebut berada di horizon. Koreksi refraksi ini kemudian ditambahkan ke irtifa>’ hila@l h{aqi@q@i. Dengan koreksi refraksi, berarti yang kita hitung adalah posisi tinggi lihat hilal dan bukan titik pusatnya.
4). Kerendahan Ufuk ( DIP/D' )
Jika kita berdiri di atas bumi, maka letak mata kita tidak pernah tepat pada permukaan bumi, tetapi berada pada jarak atau titik tertentu di atasnya.




Ufuk Mar-i@
Ufuk Hakiki “P”
(kerendahan ufuk)


Garis yang sejajar dengan titik pusat bumi dan tegak lurus dengan garis vertikal adalah horizon hakiki atau ufuk h{aqi@q@i
Pandangan kita terhadap benda-benda langit tidak dibatasi oleh ufuk hakiki, melainkan oleh bidang yang ditentukan oleh garis P – R, sebuah garis dari titik P yang menyinggung permukaan bumi pada titik Q. Bidang itu dinamakan horizon pandangan atau ufuk mar-i@ .
Perbedaan kedua ufuk itu sama besarnya dengan sudut M (kerendahan ufuk), yakni sudut yang timbul karena pengaruh ketinggian tempat seorang peninjau dari permukaan laut.
Koreksi kerendahan ufuk (DIP/D') ini diperlukan untuk menunjukkan bahwa ufuk yang terlihat itu bukan ufuk yang berjarak 90 dari titik zenith, melainkan ufuk mar-i@ yang jaraknya dari titik zenith tidak tetap, artinya tergantung pada tinggi-rendahnya si peninjau.
Untuk mengetahui besarnya koreksi kerendahan ufuk ini, dalam ilmu Falak digunakan rumus:
D' = 1.76 √¯m ÷ 60

D' = kerendahan ufuk dalam satuan menit busur.
m = ketinggian mata dalam satuan meter.
Untuk ketinggian 10 meter dari permukaan air laut, maka harga DIP/D' nya: 1.76 √¯10 ÷ 60 = 0° 5' 33.94" yang kemudian ditambahkan ke irtifa>’ hila@l h{aqi@q@i.
Dengan koreksi DIP/D' ini, berarti kita menghitung tinggi lihat hilal dari ufuk mar-i@ dan bukan dari ufuk hakiki.
Setelah harga 4 macam koreksi tersebut diperoleh, barulah harga irtifa>’ hila>l mar-i@ untuk tanggal 11 Oktober 2007 bisa diketahui, yaitu:
Irtifa> ’ Hila>l Mar-@i = 0° 28' 37.32" – 0° 54' 7.89" + 0° 14' 45.07'' + 0° 34.5' + 0° 5' 33.94'' = 0° 29' 18.44"
5. Mukus\
Yang dimaksud dengan Mukus\ ialah lama hilal berada di atas horizon setelah matahari terbenam pasca ijtima’. Mukus\ ini diketahui dengan rumus irtifa>’ hila>l mar-i@ dibagi 15. Dengan demikian, pada tanggal 11 Oktober 2007, mukus\ hilal : 0° 29' 18.44" ÷ 15 = 1 menit 57.23 detik.
6. Mencari Azimuth Matahari dan Bulan
Kata azimuth berasal dari kata Latin yang berarti arah. Dalam bahasa Arab, azimuth ini kadang disebut Jihat, Syatrah, atau Qiblat.
Kepentingan mengetahui azimuth matahari dan bulan ini antara lain agar secara jelas dapat diperkirakan posisi hilal terhadap titik Barat, demikian pula posisinya yang sedang kita amati dari matahari saat terbenam, sehingga bisa diperoleh gambaran yang jelas, baik berkenaan dengan kemiringannya maupun posisinya dari matahari.
Azimuth matahari dan bulan itu bisa dihisab dengan menggunakan rumus yang sama, yaitu:
Tanˉ¹ ( 1/(- sin φ/ tan t + cos φ x tan δ/ sin t ))
exe shift °
Dengan rumus di atas, maka azimuth matahari dan bulan untuk tanggal 11 Oktober 2007, bisa di sebagai berikut:
Azimuth Matahari = Tanˉ¹ ( 1/(- sin -6° 51' 50.22''/ tan 91° 47' 29.11'' + cos -6°
51' 50.22'' x tan -6° 57' 57''/ sin 91° 47' 29.11'' ))
= - 82° 52' 9.46"
Azimuth Bulan = Tanˉ¹ ( 1/(- sin -6° 51' 50.22''/ tan 90° 52' 23.81" + cos -6° 51'
50.22'' x tan - 11° 10' 47.35"/ sin 90° 52' 23.81"))
= - 78°47' 50.6"
Hasil di atas, menunjukkan bahwa harga azimuth keduanya negatif. Ini berarti bahwa pada tanggal 11 Oktober 2007, matahari dan bulan berada di selatan titik Barat. Posisi matahari 82° 52' 9.46" dari titik Selatan ke arah Barat atau 7° 7' 50.54" dari titik Barat ke arah Selatan. Sedang hilal, berada 78°47' 50.6" dari titik Selatan ke arah Barat atau 11° 12' 9.4" dari titik Barat ke arah Selatan. Dengan demikian, maka posisi hilal sama dengan 4° 4' 18.86" di selatan matahari.
7. Kesimpulan
Dari keseluruhan tahapan hisab awal bulan Syawal 1428 H dengan markaz Tanjung Kodok di atas, maka dapat diambil poin-poin kesimpulan sebagai berikut:
• Ijtima’ akhir bulan Ramadan 1428 H : Kamis Legi, tanggal 11 Oktober 2007, pukul 05: 2 GMT/ pukul 12: 2 WIB.
• Terbenam Matahari : Pukul 10: 24: 47.45 GMT/pukul 17: 24: 47.45 WIB.
• Irtifa>’ Hila@l H{aqi@q@i = 0° 26' 26.38"
• Irtifa>’ Hila>l Mar-@i = 0° 29' 25.81" ( Hilal sudah positif di atas ufuk, meskipun tidak mungkin dirukyat).
• Lama Hila>l di atas ufuk = 1 menit 57.72 detik
• Azimuth Matahari = - 82° 51' 52.4"
• Azimuth Hila>l = - 78°47' 31.8"
• Posisi Hila>l = 11° 12' 28.2" di selatan titik Barat dan 4° 4' 20.6" di selatan matahari.
• Penampakan Hila>l (seandainya terlihat) : Miring ke Selatan.
Dengan demikian, maka keesokan harinya, yakni hari Jum’at Pahing, tanggal 12 Oktober 2007, akan ditetapkan sebagai tanggal 1 Syawal 1428 H bagi pihak yang berpedoman pada hisab. Sementara bagi pihak yang berpegang pada rukyat, tanggal 12 Oktober 2007 tersebut masih dinyatakan sebagai tanggal 30 Ramadan 1428 H ( istikma>l ), sehingga tanggal 1 Syawal 1428 H akan ditetapkan jatuh pada hari Sabtu Pon, tanggal 13 Oktober 2007. Walla>hu A’lam.

D. Teknik Rukyat
Merukyat hilal itu ternyata tidak semudah dibayangkan oleh banyak orang. Ada banyak kendala, baik internal maupun eksternal, sebab kegiatan merukyat itu merupakan gabungan proses fisis (optis) dan kejiwaan (psikis). Terbatasnya kemampuan mata, kondisi kejiwaan seorang perukyat, munculnya awan akibat lembabnya permukaan lautan dan daratan, munculnya cerlang petang (twilight), kombinasi azimuth-altitude yang terlalu kecil dan sebagainya, semuanya akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan merukyat hilal.
Di lokasi rukyat, khususnya bagi kelompok masyarakat yang masih menggunakan metode Rukyat bi al-Fi’li wa al-Istikma>l dalam menentukan awal bulan-bulan ibadah, bisa ditentukan arah pandang ke area penampakan hilal dengan bantuan gawang lokasi. Gawang lokasi ini akan sangat membantu para perukyat agar arah pandangannya hanya terfokus pada area penampakan hilal yang akan dirukyat. Selanjutnya kegiatan rukyat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:
1. Buatlah garis Utara-Selatan (U-S), misalnya sepanjang 100 cm dipelataran yang datar di lokasi rukyat;
2. Karena azimuth hilal di selatan titik Barat, maka dari titik S tarik garis tegak lurus ke arah Barat (garis S-B) sepanjang tangens harga mutlak azimuth hilal dikalikan panjang garis Utara-Selatan (U-S), yakni 100 cm. Dengan demikian panjang garis S-B: tangens 78°47' 50.6" x 100 = 504.49161371 cm;
3. Hubungkan titik Utara dan titik Barat dengan sebuah garis (U-B) sepanjang cosecant harga mutlak azimuth hilal dikalikan panjang garis S-B. Dengan demikian, panjang garis U-B adalah: 1/sin 78°47' 50.6" x 504.49161371 = 514.2907541 cm. Garis U-B tersebut adalah garis yang mengarah ke area penampakan hilal;
4. Di titik Utara dari garis U-S, tancapkan tiang tegak lurus yang berfungsi sebagai tiang pengintai yang tingginya misalnya kurang lebih 1.5 meter;
5. Di titik Barat, tancapkan pula tiang tegak lurus yang berfungsi sebagai tiang pengarah yang tingginya diatur sedemikian rupa, sehingga bila dilihat dari ujung tiang pengintai, ujung tiang pengarah itu sejajar dengan ufuk mar-i (visible horizon);
6. Di atas tiang pengarah ini diletakkan gawang lokasi untuk melokalisir pandangan perukyat dari tiang pengintai agar hanya terfokus pada area penampakan hilal. Tinggi gawang lokasi tersebut sebesar tangens Irtifa>’ Hila>l Mar-@i dikalikan panjang garis U-B. Jadi tinggi gawang lokasi: tangens 0° 29' 18.44" x 514.2907541 = 4. 384516 cm (dibulatkan 4.5 cm). Gawang lokasi tersebut diletakkan dalam posisi miring sesuai dengan kemiringan lintang tempat lokasi, karena turunnya hilal ke ufuk akan miring sesuai dengan harga lintang tempat lokasi rukyat. Karena Tanjung Kodok lokasinya 6° 51' 50.22'' Lintang Selatan, maka kemiringan equatornya adalah ke arah Utara sebesar 6° 51' 50.22''. Dengan demikian, kemiringan tepi kanan-kiri lubang gawang lokasi adalah sebesar 6° 51' 50.22'' ke Utara. Agar lebih jelas, perhatikan gambar 18 berikut:



























PENETAPAN AWAL BULAN QAMARIYAH DENGAN SISTEM EPHEMERIS *

Oleh: A. Mukarram

A. Pendahuluan

Penentuan awal bulan qamariyah penting artinya bagi ummat Islam, sebab selain untuk menentukan hari-hari besar Islam, juga yang lebih penting adalah untuk menentukan awal dan akhir bulan ramadan dan bulan zul hijjah, karena masalah ini menyangkut ibadah mah}d}ah.
Persoalan awal bulan Ramadan dan Syawwal merupakan masalah klasik, tetapi senantiasa aktual. Klasik, karena sejak awal Islam masalah ini sudah mendapatkan perhatian dan pemikiran yang serius. Tapi ia aktual, karena hampir setiap tahun khususnya menjelang ramadan dan syawwal, persoalan ini sering menimbulkan polemik berkepanjangan.
Penentuan awal dan akhir bulan ramadan pada hakikatnya adalah penentuan awal bulan ramadan dan awal bulan syawwal, yaitu dua nama bulan dalam sistem kalender Hijriyah yang perhitungannya didasarkan pada peredaran “bulan mengelilingi bumi”, yang dikenal dengan sistem qamariyyah atau lunar system atau tahun candra. Bila dalam penentuan awal waktu salat dan penentuan arah kiblat kaum Muslimin sepakat menggunakan hasil (perhitungan astronomis), maka untuk penentuan awal bulan qamariyah ini tidaklah demikian. Satu pihak mewajibkan hanya dengan rukyat (pengamatan dengan mata kepala) saja, tapi pihak yang lain mencukupkan diri dengan hasil hisab.
B. Metode Penetapan Awal Bulan Qamariyyah.
Manusia diberi kemampuan berpikir dan dalam ajaran Islam manusia diperintahkan memanfaatkan fasilitas kemampuan berpikir ini untuk memahami benda-benda dan fenomena alam. Hila@l merupakan salah satu fenomena alam dalam tata surya kita. Ia merupakan bagian dari untaian proses perubahan penampakan wajah bulan di langit dan mempunyai siklus yang beraturan. Tahapan perubahan penampakan wajah bulan itu secara teknis dinamakan fase bulan. Misalnya bulan purnama dinamakan fase satu (100% bagian bulan yang tercahayai matahari menghadap bumi) dan bulan mati dinamakan fase nol (0% bagian permukaan yang tercahayai matahari menghadap bumi) dan sebagainya.
Pengetahuan tentang visibilitas hila@l itu memperkaya khasanah astronomi, suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari alam semesta dan isinya. Dan juga proses sebaliknya, pengetahuan astronomi dipergunakan untuk memahami fenomena visibilitas hila@l.
Sekalipun pada masa Rasulullah s.a.w. penentuan awal dan akhir bulan ramadan itu menggunakan dua cara yaitu ru’yat al- hila@l wa al-istikma@l, namun akibat perkembangan zaman dan iptek, dalam hal ini ilmu astronomi, maka proses penentuan awal bulan ramadan dan syawwal juga mengalami perkembangan dengan digunakannya sistem perhitungan astronomis yang populer dengan nama metode hisab.
Penggunaan metode hisab sebagai dasar penentuan awal ramadan dan syawwal, meskipun tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah s.a.w, namun mempunyai dasar pijakan dalam al-Qur’an maupun Hadis Rasul saw. Ayat-ayat al-Qur’an dimaksud antara lain bisa dilihat dalam al-Baqarah: 189; al-An’a>m: 96-97; at-Taubah: 36; Yu>nus: 5; al-H{ijr: 16; al-Isra>’: 12; al-Anbiya>’: 33; Ya>si>n: 38-40; Ar-Rah}ma>n: 5 dan 33.
Ayat-ayat tersebut memberikan gambaran bahwa gerak matahari, bumi dan bulan sesuai dengan sunnatullah sehingga dapat diperhitungkan dan bahkan secara eksplisit ada yang menyatakan sebagai dasar untuk mengetahui bilangan tahun dan perhitungan waktu (lihat: al- An’a>m : 96-97; Yu>nus: 5; al-Isra>’: 12).
Adapun hadis Rasulullah s.a.w. yang dapat dikemukakan antara lain adalah : Janganlah kamu berpuasa, kecuali setelah melihat hila>l dan janganlah kamu berbuka, kecuali setelah melihatnya. Apabila ada mendung, maka perkirakanlah untuknya. Atau dengan redaksi yang lain, Rasul saw bersabda: Berpuasalah kamu kerana melihat h}ila>l dan berbukalah kamu karena melihat hilal. Bila hila>l tertutup debu atasmu, maka sempurnakanlah bilangan bulan sya’ban tiga puluh (hari) .
Dengan memperhatikan ayat-ayat al Qur’an tersebut diatas, maka jelaslah bagi kita bahwa ilmu hisab itu menurut sebagian ulama’ memiliki otoritas syar’i, di samping metode rukyat yang didasarkan atas hadis-hadis Rasul saw. Dengan demikian, maka secara garis besar, metode yang digunakan oleh kaum muslimin ada dua, yaitu metode rukyat dan metode hisab .
Secara garis besar ada 2 macam sistem hisab yang berkembang di masyarakat seperti yang bisa kita baca dalam buku Almanak dan Rukyat yang diterbitkan oleh Departemen Agama, yaitu hisab ‘urfi@ dan hisab h{aqi>qi>.
Hisab ‘urfi@ adalah sistem perhitungan yang didasarkan peredaran rata-rata bulan dan bumi mengelilingi matahari. Dalam hisab ‘urfi@ bulan-bulan gasal umurnya ditetapkan 30 hari, sedang bulan-bulan genap umurnya 29 hari, kecuali untuk tahun panjang umur bulan zul hijjah ditetapkan 30 hari. Oleh sebab sistem perhitungannya didasarkan pada peredaran rata-rata bumi dan bulan dalam mengelilingi matahari, maka para ulama sepakat menyatakan bahwa hisab ‘urfi@ ini tidak dapat dijadikan dasar untuk menetapkan awal dan akhir bulan qamariyah.
Sementara itu golongan yang menggunakan hisab h{aqi>qi>, ada yang berpedoman pada ijtima’ dan ada pula yang berpedoman pada posisi hilal. Yang berpedoman pada ijtima’ ada yang memakai acuan ijtima’ qabl al-fajr dan ada yang memakai acuan ijtima’ qabl al-ghuru>b. Sedang golongan yang berpedoman pada posisi hila>l, ada yang menggunakan acuan ufuk h{aqi>qi>, ufuk h}issi@ dan ufuk mar’i@.
Dilihat dari sistem perhitungannya, hisab h}aqi>qi> dapat diklasifikasikan pada 3 kelompok, yaitu h{aqi>qi> taqri@bi@, h{aqi>qi@ tah}qi>qi> dan kontemporer. Disebut taqri@bi@ karena sistem ini melakukan perhitungan saat terjadinya ijtima’ (konjungsi) dan ketinggian hila>l dengan cara sederhana yaitu mencari rata-rata waktu ijtima’ dengan ditambah koreksi-koreksi sederhana. Sistem ini menggunakan data yang bersumber dari buku astronomi yang ditulis Ulugh Beyk (wafat 854 M ). Sistem ini tidak menggunakan rumus-rumus spherical trigonometri dan tidak memperhitungkan posisi perukyat (observer) serta posisi bulan dan matahari secara detail. Untuk memperoleh data, sistem ini menggunakan data abadi yang hanya diterbitkan satu kali, sehingga tidak pernah dilakukan koreksi-koreksi. Adapun kitab-kitab yang menggunakan sistem taqri@bi@ ini antara lain kitab Sullam al-Nayyirain , Fath} al-Ra’u>f al-Manna>n , Qawa>’id al-Falakiyyah.
Berbeda dengan sistem hisab h{aqi>qi> taqri@bi@, maka proses perhitungan hisab h{aqi>qi@ tah}qi>qi> lebih detail dengan koreksi-koreksi yang lebih banyak, meskipun hasilnya kurang akurat. Diantara kitab yang menggunakan sistem ini adalah kitab Khula>s}ah al Wafiyyah , Hisab Hakiki , Al-Mat}la’ al-Sa’i>d , Hisab Awal Bulan .
Sementara itu, sistem hisab kontemporer untuk saat ini dipandang sebagai sistem yang paling cocok dijadikan acuan dalam menetapkan posisi hilal. Seperti halnya hisab h}aqi@qi@ tah}qi@qi@, sistem hisab ini juga memperhatikan posisi observer, data deklinasi, sudut waktu atau assensiorekta dari bulan dan matahari setiap saat, di samping koreksi-koreksi yang sangat detail dan teliti, sehingga akurasi perhitungannya mendekati tingkat kepastian. Oleh karena itu, sistem hisab ini dipergunakan dan dikembangkan oleh lembaga-lembaga astronomi, misalnya Planetarium, Badan Meteorologi & Geofisika, Observatorium Bosscha ITB dan sebagainya. New Comb, Jean Meeus, Almanak Nautika dan Ephemeris Rukyat adalah buku-buku yang mewakili sistem ini.
Hakikat perbedaan ketiga sistem di atas, terletak pada cara perhitungan irtifa>’ (ketinggian) hila>l. Menurut sistem hisab h{aqi>qi> taqri@bi@, data irtifa>’ hila>l pada saat matahari terbenam diperoleh dari selisih waktu ijtima’ dengan terbenam matahari lalu dibagi dua, tanpa memperhatikan posisi observer, deklinasi dan sudut waktu atau assensiorekta. Sedang sistem hisab h{aqi>qi@ tah}qi>qi> dan kontemporer memperhatikan ketiga unsur tersebut, bahkan juga memperhatikan pengaruh refraksi (pembiasan), parallax (beda lihat), DIP (kerendahan ufuk) serta semi diameter (jari-jari bulan).


C. Ephemeris Hisab Rukyat.
Seperti telah dijelaskan di muka bahwa salah satu metode hisab kontemporer itu adalah Ephemeris Hisab Rukyat. Metode ini berasal dari American Ephemeris yang dikembangkan oleh Departemen Astronomi Institut Tekonologi Bandung (ITB) dan saat ini menjadi salah salah satu acuan Departemen Agama di dalam menentukan awal bulan Ramadan, Syawwal maupun Z|ul Hijjah.
Di dalam almanak ini disediakan data mengenai matahari dan bulan yang dapat dijadikan acuan dalam melakukan kegiatan hisab dan rukyat. Lebih lanjut data dimaksud dapat dijelaskan sebagai berikut:
7. Data Matahari, antara lain:
a. Ecliptic Longitude atau Bujur Astronomis ( تـقـويم / الطـول ) yaitu jarak matahari dari titik Aries ( Vernal Equinox / الحـمـل ) diukur sepanjang lingkaran ekliptika. Jika nilai bujur astronomis matahari dan bulan sama, maka terjadilah ijtima’. Data ini diperlukan untuk ijtima’ atau gerhana.
b. Ecliptic Latitude atau Lintang Astronomis, yaitu jarak titik pusat matahari dari lingkaran ekliptika. Data ini dibutuhkan antara lain untuk perhitungan gerhana.
c. Apparent Right Ascension atau Asensio Rekta ( الـصـعـود المـستـقـيم / المـطـالـع الـبلا ديــة ), atau Panjatan Tegak, yaitu jarak matahari dari titik Aries ( Vernal Equinox / الحـمـل ) diukur sepanjang lingkaran Equator. Data ini diperlukan antara lain untuk ijtima’, gerhana dan ketinggian hilal.
d. Apparent Declination atau Deklinasi Matahari yang terlihat dan bukan yang hakiki ( مـيل الشـمس ), yaitu jarak matahari dari Equator. Data ini diperlukan untuk awal waktu shalat, bayang-bayang kiblat, ijtima’ dan irtifa>’ hila>l.
e. True Geocentric Distance atau Jarak Geosentris, yaitu jarak antara Bumi dan Matahari. Nilai 1 pada data ini merupakan jarak rata-rata Bumi-Matahari, sekitar 150 juta km. Jarak terdekat pada saat Bumi menempati titik api terdekat, yaitu Perigee (حـضـيض ), sedang jarak terjauh ketika Bumi berada di Apoge (الأ وج ). Data ini diperlukan untuk gerhana.
f. Semi Diameter atau Jari-jari Matahari (نـصـف الـقـطــر ), yaitu jarak titik pusat Matahari dengan piringan luarnya. Data ini dibutuhkan untuk terbit dan terbenam matahari.
g. True Obliquity atau Kemiringan Ekliptika ( المـيل الـكلي ), yaitu kemiringan Ekliptika dari Equator. Data ini diperlukan untuk ijtima’ dan gerhana.
h. Equation of Time atau Perata Waktu ( تـعــديـل الـو قـت / تـعــديـل الشمس ), yaitu selisih antara waktu kulminasi Matahari Hakiki dengan waktu kulminasi Matahari Pertengahan. Data ini dibutuhkan terutama dalam awal waktu shalat.
2. Data Bulan, antara lain:
a. Apparent Longitude atau Bujur Astronomis Bulan yang terlihat (تــقـويم / طـول الـقمــر), yaitu jarak antara titik Aries ( Vernal Equinox / الحـمـل ) diukur sepanjang lingkaran Ekliptika. Data ini diperlukan untuk ijtima’ dan gerhana.
b. Apparent Latitude atau Lintang Astronomis Bulan yang terlihat (عـرض الـقـمــر), yaitu jarak antara Bulan dengan Lingkaran Ekliptika diukur sepanjang lingkaran kutub ekliptika. Nilai maksimum dari Lintang Astronomis Bulan ini adalah 5° 8'. Nilai positif, berarti Bulan berada di Utara ekliptika dan nilai negatif, berarti di Selatan ekliptika. Jika saat ijtima’ nilai lintang Astronomis Bulan sama atau hampir sama dengan nilai Lintang Astronomis Matahari, maka akan terjadi Gerhana Matahari. Data ini diperlukan untuk ijtima’ dan gerhana.
c. Apparent Right Ascension atau Asensio Rekta ( الـصـعـود المـستـقـيم / المـطـالـع الـبلا ديــة ), atau Panjatan Tegak, yaitu jarak titik pusat Bulan dari titik Aries (Vernal Equinox / الحـمـل ) diukur sepanjang lingkaran Equator. Data ini diperlukan antara lain untuk ijtima’, gerhana dan ketinggian hila>l.
d. Apparent Declination atau Deklinasi Bulan yang terlihat dan bukan yang hakiki ( مـيل الـقمــر ), yaitu jarak Bulan dari Equator. Data ini diperlukan untuk ijtima’, gerhana dan hisab irtifa>’ hila>l.
e. Horizontal Parallax. Parallax ( إخـتلاف المـنـظـر ) itu adalah sudut antara garis yang ditarik dari benda langit ke titik pusat bumi dan garis yang ditarik dari benda langit ke mata pengamat. Horizontal Parallax adalah parallax dari bulan yang sedang berada persis di horizon/ufuk. Data ini diperlukan untuk melakukan koreksi ketinggian hila>l dari irtifa>’ h{aqi>qi> menjadi irtifa>’ mar-i@.
f. Semi Diameter atau Jari-jari Bulan ( نـصـف الـقـطــر ), yaitu jarak titik pusat bulan dengan piringan luarnya. Data ini dibutuhkan untuk ketinggian piringan atas hilal, sebab semua data bulan adalah data titik pusatnya.
g. Angle Bright Limb atau Sudut Kemiringan Bulan yaitu sudut kemiringan piringan hila>l yang memancarkan sinar sebagai akibat arah posisi hilal dari matahari. Sudut ini diukur dari garis yang menghubungkan titik pusat hilal dengan titik Zenith ( سمت الــرأس ) ke garis yang menghubungkan titik pusat hilal dengan titik pusat matahari dengan arah sesuai dengan perputaran jarum jam.
h. Fraction Illumination, adalah besarnya piringan bulan yang menerima sinar matahari dan menghadap ke bumi. Data ini dapat dijadikan pedoman untuk menghitung ijtima’ dan bulan purnama atau pengecekan mengenai besarnya hila>l.
C. Sistem Hisab Ephemeris
Seperti halnya sistem kontemporer yang lain, maka untuk menghitung masuknya awal bulan Qamariyah, sistem hisab Ephemeris menggunakan data astronomik guna mengetahui kondisi bulan, baik yang berkenaan dengan saat ijtima’ (konjungsi)nya dengan matahari, ketinggiannya, azimuthnya maupun saat terbenamnya matahari pada hari ke 29 setiap bulan.
Hisab awal bulan Qamariyah dengan sistem Ephemeris dilakukan melalui tahapan-tahapan berikut:
1. Menentukan Markas sebagai Lokasi Observasi.
Misalnya, Tanjung Kodok dengan posisi geografis: φ = - 6°51' 50.22'' λ = 112° 21' 27.8'', ketinggian 10 meter.
2. Hisab Ijtima’.
Yang dimaksud dengan hisab ijtima’ disini adalah perhitungan tentang tanggal, bulan dan tahun serta pukul berapa (GMT) ijtima’ dimaksud terjadi. Dengan demikian, maka dalam menghisab ijtima’ ada 2 (dua) tahapan, yaitu:


a. Memprakirakan Tanggal, Bulan dan Tahun Ijtima’.
Sebelum melakukan hisab ijtima’ awal bulan Qamariyah, hal yang perlu dilakukan adalah menentukan prakiraan tentang jatuhnya akhir bulan Qamariyah sebelumnya dalam kalender Masehi dengan jalan mengkonversi kalender Hijriyah ke kalender Masehi. Ini cukup dilakukan dengan hisab ‘urfi, yakni dengan menggunakan rumus-rumus perbandingan tarikh.
Misalnya kita ingin menghisab ijtima’ akhir bulan Ramadan 1428 H untuk penentuan awal bulan Syawwal 1428 H. Tarikh Hijriyah sampai dengan tanggal tersebut telah berlangsung selama:
1427 tahun + 8 bulan + 30 hari
• Jumlah hari
1427 ÷ 30 = 47 siklus + 17 tahun
47 siklus = 47 x 10631 = 499 657 hari
17 tahun = 17 x 354 + 6 = 6 024 hari
8 bulan = Muharram s/d Sya’ban = 236 hari
30 hari = dari bulan Ramadan = 30 hari
Jumlah = 505 947 hari
Koreksi Gregorius = 13 hari +
Jumlah sebenarnya = 505 960 hari
Selisih M – H = 227 015 hari +
Jumlah hari Masehi = 732 975 hari
• Mencari Tanggal Masehi
732 975 ÷ 1461 = 501 siklus (pecahan diabaikan)
501 siklus = 501 x 4 = 2004 tahun
501 x 1461 = 731 961 hari
732 975 – 731 961 = 1014 hari
1014 ÷ 365 = 2 tahun
2 x 365 = 730 hari
1014 – 730 = 284 hari
284 hari = 9 bulan + 11 hari
Total = 2006 tahun + 9 bulan + 11 hari
1 + 1
2007 tahun + 10 bulan + 11 hari
• Kesimpulan
Dengan demikian, maka tanggal 30 Ramadan 1428 H bertepatan dengan tanggal 11 Oktober 2007 M, hari Kamis Legi.
b. Memprakirakan Waktu Ijtima’.
Dengan berbekal hasil hisab di atas, selanjutnya kita mengacu pada data dalam Ephemeris tanggal 11 Oktober 2007 untuk mengetahui pukul berapa ijtima’ itu akan terjadi. Adapun langkah-langkah perhitungannya sebagai berikut:
1). FIB (Fraction Illumination Bulan) terkecil adalah 0.00087 pada Pk. 04.00 GMT tanggal 11 Oktober 2007.
2). ELM (Ecliptic Longitude Matahari) pada Pk. 04.00 GMT adalah 197°27' 56".
3). ALB (Apparent Longitude Bulan) pada Pk. 04.00 GMT adalah 196° 59' 27''.
4). Sabak Matahari perjam adalah:
ELM Pk. 04.00 GMT = 197°27' 56"
ELM Pk. 05.00 GMT = 197°30' 24''
Sabaq Matahari (SM) = 0°2' 28''
5). Sabaq Bulan perjam adalah:
ALB Pk. 04.00 GMT = 196° 59' 27''
ALB Pk. 05.00 GMT = 197°29' 16''
Sabaq Bulan (SB) = 0°29' 49''
6). Saat Ijtima’ :

Jam FIB + ( ) + 7

= 04.00 + ( ) + 7

= 04.00 + ( ) + 7

= 04.00 + ( 1° 2' 29.18 '' ) + 7
= Pk. 12. 2' 29.18 (dibulatkan Pk. 12: 2' WIB).
Dengan demikian, maka ijtima’ akhir bulan Ramadan 1428 H terjadi pada tanggal 11 Oktober 2007, hari Kamis Legi, pukul 12: 2' WIB.
3. Hisab Terbenam Matahari
Untuk menghitung saat terbenam matahari pada tanggal terjadinya ijtima’, terlebih dahulu kita hisab harga sudut waktu ( t ) matahari pada saat itu. Setelah itu, baru kemudian kita hisab saat ghurub dan untuk itu diperlukan data berikut:
φ Tanjung kodok = - 6°51' 50.22''
λ Tanjung Kodok = 112° 21' 27.8''.
e (pk. 11 GMT) = 0 13 10
δ Matahari ( pk. 11 GMT) = -6° 57' 57''
SD Matahari (pk. 11 GMT) = 0°16' 01.17''
Refraksi = 0° 34.5'
DIP ( 1.76 √ 10 ) ÷ 60 = 0°5' 33.94''
KWD (105 – 112° 21' 27.8'' ) ÷ 15 = -0°29' 25.85''.
Tinggi ( h ) Matahari : 0 – SD – Ref – DIP = - 0° 56' 5.11''
Dengan acuan data di atas, maka harga sudut waktu ( t ) matahari dihitung dengan rumus:
Cos t = - tan φ x tan δ + sec φ x sec δ x sin h.
exe shift cos ans exe shift °
Perhitungan : Cos t = - tan - 6°51' 50.22'' x tan -6° 57' 57'' + 1/cos - 6°51' 50.22'' x 1/cos -6°57' 57'' x sin - 0° 56' 5.11'' 91° 47' 29.11''.
Hasil perhitungan di atas dijadikan satuan waktu dengan cara dibagi 15, yaitu : 91°47' 29.11'' ÷ 15 = 6 7 9.94
Selanjutnya saat terbenam matahari dihisab dengan menggunakan rumus :
12 – e + t ÷ 15 + KWD

Perhitungan : 11 46 50 + 6 7 9.94 + - 0 29 25.85 = 17 24 34.09
Dengan demikian, pada tanggal 11 Oktober 2007, matahari terbenam terjadi pada Pukul 17: 24: 34. 09 WIB.
4. Ketinggian ( h ) Bulan
Sebelum menghisab ketinggian hilal, terlebih dahulu saat matahari terbenam pada tanggal 11 Oktober 2007, yakni pukul 17: 24: 34.09 WIB itu dikonversi ke waktu GMT dengan cara dikurangi 7 jam. Dengan demikian, maka terbenam matahari pada saat itu sama dengan pukul 10: 24: 34.09 GMT. Hal ini dilakukan karena data yang akan digunakan dalam Almanak Ephemeris itu data untuk GMT. Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa data dalam Almanak Ephemeris hanya tersedia dalam satuan jam perjam dan tidak dalam pecahan menit dan detik. Oleh karena itu, maka semua data yang akan dicari harus diinterpolasi dengan rumus :
A – (A – B ) x C ÷ I.
Setelah itu, data matahari dan bulan untuk tanggal 11 Oktober 2007 disiapkan untuk menghisab ketinggian hilal dengan langkah-langkah berikut:
a. Mencari RA Matahari Pk. 10: 24: 34.09 GMT
RA pk. 10 = 196° 19' 42" ( A )
RA pk. 11 = 196° 22' 00'' ( B )
Sisa menit dan detik = 0° 24' 34.09'' ( C )
Interval = 1 ( I )
Interpolasi = A – (A – B ) x C ÷ I
= 196° 19' 42" – ( 196° 19' 42" – 196° 22' 00'' ) x
0° 24' 34.09'' ÷ 1
RA pk. 10: 24: 47.45 = 196° 20' 38.5"
b. Mencari RA Bulan Pk. 10: 24: 34.09 GMT
RA pk. 10 = 197° 04' 34'' ( A )
RA pk. 11 = 197° 31' 50'' ( B )
Sisa menit dan detik = 0°24' 34.09'' ( C )
Interval = 1 ( I )
Interpolasi = A – (A – B ) x C ÷ I
= 197° 04' 34'' – (197° 04' 34'' – 197° 31' 50'' ) x
0°24' 34.09'' ÷ 1
RA pk. 10:24: 47.45 GMT = 197° 15' 43.8"
c. Mencari Sudut Waktu ( t ) Bulan
Rumus: RA Matahari – RA Bulan + t Matahari
( t ) Bulan Pk. 10: 24: 47.45 GMT = 196° 20' 38.5" – 197°15' 43.8" + 91°47' 29.11"
= 90° 52' 23.81"
d. Mencari Deklinasi ( δ ) Bulan Pk. 10: 24: 34.09 GMT
δ Bulan pk. 10 = - 11° 05' 23'' ( A )
δ Bulan pk. 11 = - 11° 18' 28'' ( B )
Sisa menit dan detik = 0°24' 34.09'' ( C )
Interval = 1 ( I )
Interpolasi = A – (A – B ) x C ÷ I
= - 11° 05' 23'' – (- 11° 05' 23'' – - 11° 18' 28'' ) x
0°24' 34.09'' ÷ 1
( δ ) Bulan Pk. 10: 24: 47.45 GMT = - 11° 10' 44.43"
e. Mencari Irtifa>’ Hila>l H{aqi@q@i
Rumus: Sin h = sinˉ¹ ( sin φ . sin δ + cos φ . cos δ . cos t ) exe shift °
= sinˉ¹ ( sin - 6°51' 50.22'' x sin - 11° 10' 47.35" + cos - 6°51'
50.22'' x cos - 11° 10' 47.35" x cos 90° 54' 38.62" )
= 0° 28' 37.32" ( tanggal 11 Oktober 2007)
f. Mencari Irtifa>’ Hila>l Mar-@i
Untuk mencari Irtifa>’ Hila>l Mar-@i, maka harga Irtifa>’ Hila>l H{aqi@q@i harus dikoreksi dengan Parallax, Semi Diameter, Refraksi Bulan dan DIP. Berikut penjelasan masing-masing:
1). Parallax
Secara umum, parallax itu berarti perubahan arah lihat atau arah pandang pada sebuah benda kalau pengamat berubah tempat. Di dalam astronomi, parallax sebuah benda langit mempunyai arti khusus, yaitu perbedaan arah pandang terhadap benda tersebut kalau pengamat berada di titik pusat bumi dengan arah pandang di permukaan bumi.
Dengan koreksi parallax ini, berarti tinggi hilal bukan dihitung dari titik pusat bumi, melainkan dari permukaan bumi yang ditempati pengamat.
Harga parallax ini diperoleh dengan rumus: Horizontal Parallax (HP) dikalikan cos irtifa>’ hila@l h{aqi@q@i. Data HP pukul 10 atau 11 tanggal 11 Oktober 2007 dalam Almanak Ephemeris adalah 0°54' 8". Dengan demikian, maka koreksi Parallaks = 0°54' 08" x cos 0°28' 37.32" = 0° 54' 7.89", yang kemudian dikurangkan kepada irtifa>’ hila@l h{aqi@q@i.
2). Semi Diameter
Untuk benda langit yang dekat, khususnya matahari dan bulan, koreksi semi diameter ini perlu sekali. Posisi yang sebenarnya bagi setiap benda langit dinyatakan oleh posisi titik pusatnya pada bola langit. Di dalam pengamatan, yang menjadi sasarannya bisa jadi pinggiran permukaan atas atau pinggiran permukaan bawahnya atau juga antara keduanya. Oleh karena itu, dalam prakteknya, koreksi semi diameter ini bisa ditambahkan ke irtifa>’ hila@l h{aqi@q@i bila yang diamati itu sisi permukaan bagian atas, atau dikurangkan ke irtifa>’ hila@l h{aqi@q@i bila yang diamati itu sisi permukaan bagian bawahnya.
Data koreksi semi diameter untuk tanggal 11 Oktober 2007 dalam Almanak Ephemeris harganya berbeda, yakni 0°14' 45.07" (pk. 10) dan 0°14' 44.95" (pk. 11). Untuk itu, kita boleh menggunakan salah satu dari keduanya.
Dengan koreksi semi diameter ini, berarti yang kita hitung adalah posisi piringan atas bulan dan bukan titik pusatnya.
3). Refraksi
Jalannya cahaya benda langit mengalami pembiasan atau pembelokan dalam atmosfir bumi, sehingga arahnya ketika mencapai mata pengamat tidak sama dengan arah semula. Akibat pembiasan itu, posisi benda langit yang terlihat dari bumi lebih tinggi dari posisi yang sebenarnya. Harga refraksi itu bisa berubah-ubah sesuai dengan ketinggian benda langit yang bersangkutan. Tetapi harga refraksi benda langit terbesar adalah 0° 34.5', yakni ketika benda langit tersebut berada di horizon. Koreksi refraksi ini kemudian ditambahkan ke irtifa>’ hila@l h{aqi@q@i. Dengan koreksi refraksi, berarti yang kita hitung adalah posisi tinggi lihat hilal dan bukan titik pusatnya.
4). Kerendahan Ufuk ( DIP/D' )
Jika kita berdiri di atas bumi, maka letak mata kita tidak pernah tepat pada permukaan bumi, tetapi berada pada jarak atau titik tertentu di atasnya.




Ufuk Mar-i@
Ufuk Hakiki “P”
(kerendahan ufuk)


Garis yang sejajar dengan titik pusat bumi dan tegak lurus dengan garis vertikal adalah horizon hakiki atau ufuk h{aqi@q@i
Pandangan kita terhadap benda-benda langit tidak dibatasi oleh ufuk hakiki, melainkan oleh bidang yang ditentukan oleh garis P – R, sebuah garis dari titik P yang menyinggung permukaan bumi pada titik Q. Bidang itu dinamakan horizon pandangan atau ufuk mar-i@ .
Perbedaan kedua ufuk itu sama besarnya dengan sudut M (kerendahan ufuk), yakni sudut yang timbul karena pengaruh ketinggian tempat seorang peninjau dari permukaan laut.
Koreksi kerendahan ufuk (DIP/D') ini diperlukan untuk menunjukkan bahwa ufuk yang terlihat itu bukan ufuk yang berjarak 90 dari titik zenith, melainkan ufuk mar-i@ yang jaraknya dari titik zenith tidak tetap, artinya tergantung pada tinggi-rendahnya si peninjau.
Untuk mengetahui besarnya koreksi kerendahan ufuk ini, dalam ilmu Falak digunakan rumus:
D' = 1.76 √¯m ÷ 60

D' = kerendahan ufuk dalam satuan menit busur.
m = ketinggian mata dalam satuan meter.
Untuk ketinggian 10 meter dari permukaan air laut, maka harga DIP/D' nya: 1.76 √¯10 ÷ 60 = 0° 5' 33.94" yang kemudian ditambahkan ke irtifa>’ hila@l h{aqi@q@i.
Dengan koreksi DIP/D' ini, berarti kita menghitung tinggi lihat hilal dari ufuk mar-i@ dan bukan dari ufuk hakiki.
Setelah harga 4 macam koreksi tersebut diperoleh, barulah harga irtifa>’ hila>l mar-i@ untuk tanggal 11 Oktober 2007 bisa diketahui, yaitu:
Irtifa> ’ Hila>l Mar-@i = 0° 28' 37.32" – 0° 54' 7.89" + 0° 14' 45.07'' + 0° 34.5' + 0° 5' 33.94'' = 0° 29' 18.44"
5. Mukus\
Yang dimaksud dengan Mukus\ ialah lama hilal berada di atas horizon setelah matahari terbenam pasca ijtima’. Mukus\ ini diketahui dengan rumus irtifa>’ hila>l mar-i@ dibagi 15. Dengan demikian, pada tanggal 11 Oktober 2007, mukus\ hilal : 0° 29' 18.44" ÷ 15 = 1 menit 57.23 detik.
6. Mencari Azimuth Matahari dan Bulan
Kata azimuth berasal dari kata Latin yang berarti arah. Dalam bahasa Arab, azimuth ini kadang disebut Jihat, Syatrah, atau Qiblat.
Kepentingan mengetahui azimuth matahari dan bulan ini antara lain agar secara jelas dapat diperkirakan posisi hilal terhadap titik Barat, demikian pula posisinya yang sedang kita amati dari matahari saat terbenam, sehingga bisa diperoleh gambaran yang jelas, baik berkenaan dengan kemiringannya maupun posisinya dari matahari.
Azimuth matahari dan bulan itu bisa dihisab dengan menggunakan rumus yang sama, yaitu:
Tanˉ¹ ( 1/(- sin φ/ tan t + cos φ x tan δ/ sin t ))
exe shift °
Dengan rumus di atas, maka azimuth matahari dan bulan untuk tanggal 11 Oktober 2007, bisa di sebagai berikut:
Azimuth Matahari = Tanˉ¹ ( 1/(- sin -6° 51' 50.22''/ tan 91° 47' 29.11'' + cos -6°
51' 50.22'' x tan -6° 57' 57''/ sin 91° 47' 29.11'' ))
= - 82° 52' 9.46"
Azimuth Bulan = Tanˉ¹ ( 1/(- sin -6° 51' 50.22''/ tan 90° 52' 23.81" + cos -6° 51'
50.22'' x tan - 11° 10' 47.35"/ sin 90° 52' 23.81"))
= - 78°47' 50.6"
Hasil di atas, menunjukkan bahwa harga azimuth keduanya negatif. Ini berarti bahwa pada tanggal 11 Oktober 2007, matahari dan bulan berada di selatan titik Barat. Posisi matahari 82° 52' 9.46" dari titik Selatan ke arah Barat atau 7° 7' 50.54" dari titik Barat ke arah Selatan. Sedang hilal, berada 78°47' 50.6" dari titik Selatan ke arah Barat atau 11° 12' 9.4" dari titik Barat ke arah Selatan. Dengan demikian, maka posisi hilal sama dengan 4° 4' 18.86" di selatan matahari.
7. Kesimpulan
Dari keseluruhan tahapan hisab awal bulan Syawal 1428 H dengan markaz Tanjung Kodok di atas, maka dapat diambil poin-poin kesimpulan sebagai berikut:
• Ijtima’ akhir bulan Ramadan 1428 H : Kamis Legi, tanggal 11 Oktober 2007, pukul 05: 2 GMT/ pukul 12: 2 WIB.
• Terbenam Matahari : Pukul 10: 24: 47.45 GMT/pukul 17: 24: 47.45 WIB.
• Irtifa>’ Hila@l H{aqi@q@i = 0° 26' 26.38"
• Irtifa>’ Hila>l Mar-@i = 0° 29' 25.81" ( Hilal sudah positif di atas ufuk, meskipun tidak mungkin dirukyat).
• Lama Hila>l di atas ufuk = 1 menit 57.72 detik
• Azimuth Matahari = - 82° 51' 52.4"
• Azimuth Hila>l = - 78°47' 31.8"
• Posisi Hila>l = 11° 12' 28.2" di selatan titik Barat dan 4° 4' 20.6" di selatan matahari.
• Penampakan Hila>l (seandainya terlihat) : Miring ke Selatan.
Dengan demikian, maka keesokan harinya, yakni hari Jum’at Pahing, tanggal 12 Oktober 2007, akan ditetapkan sebagai tanggal 1 Syawal 1428 H bagi pihak yang berpedoman pada hisab. Sementara bagi pihak yang berpegang pada rukyat, tanggal 12 Oktober 2007 tersebut masih dinyatakan sebagai tanggal 30 Ramadan 1428 H ( istikma>l ), sehingga tanggal 1 Syawal 1428 H akan ditetapkan jatuh pada hari Sabtu Pon, tanggal 13 Oktober 2007. Walla>hu A’lam.

D. Teknik Rukyat
Merukyat hilal itu ternyata tidak semudah dibayangkan oleh banyak orang. Ada banyak kendala, baik internal maupun eksternal, sebab kegiatan merukyat itu merupakan gabungan proses fisis (optis) dan kejiwaan (psikis). Terbatasnya kemampuan mata, kondisi kejiwaan seorang perukyat, munculnya awan akibat lembabnya permukaan lautan dan daratan, munculnya cerlang petang (twilight), kombinasi azimuth-altitude yang terlalu kecil dan sebagainya, semuanya akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan merukyat hilal.
Di lokasi rukyat, khususnya bagi kelompok masyarakat yang masih menggunakan metode Rukyat bi al-Fi’li wa al-Istikma>l dalam menentukan awal bulan-bulan ibadah, bisa ditentukan arah pandang ke area penampakan hilal dengan bantuan gawang lokasi. Gawang lokasi ini akan sangat membantu para perukyat agar arah pandangannya hanya terfokus pada area penampakan hilal yang akan dirukyat. Selanjutnya kegiatan rukyat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:
1. Buatlah garis Utara-Selatan (U-S), misalnya sepanjang 100 cm dipelataran yang datar di lokasi rukyat;
8. Karena azimuth hilal di selatan titik Barat, maka dari titik S tarik garis tegak lurus ke arah Barat (garis S-B) sepanjang tangens harga mutlak azimuth hilal dikalikan panjang garis Utara-Selatan (U-S), yakni 100 cm. Dengan demikian panjang garis S-B: tangens 78°47' 50.6" x 100 = 504.49161371 cm;
9. Hubungkan titik Utara dan titik Barat dengan sebuah garis (U-B) sepanjang cosecant harga mutlak azimuth hilal dikalikan panjang garis S-B. Dengan demikian, panjang garis U-B adalah: 1/sin 78°47' 50.6" x 504.49161371 = 514.2907541 cm. Garis U-B tersebut adalah garis yang mengarah ke area penampakan hilal;
10. Di titik Utara dari garis U-S, tancapkan tiang tegak lurus yang berfungsi sebagai tiang pengintai yang tingginya misalnya kurang lebih 1.5 meter;
11. Di titik Barat, tancapkan pula tiang tegak lurus yang berfungsi sebagai tiang pengarah yang tingginya diatur sedemikian rupa, sehingga bila dilihat dari ujung tiang pengintai, ujung tiang pengarah itu sejajar dengan ufuk mar-i (visible horizon);
12. Di atas tiang pengarah ini diletakkan gawang lokasi untuk melokalisir pandangan perukyat dari tiang pengintai agar hanya terfokus pada area penampakan hilal. Tinggi gawang lokasi tersebut sebesar tangens Irtifa>’ Hila>l Mar-@i dikalikan panjang garis U-B. Jadi tinggi gawang lokasi: tangens 0° 29' 18.44" x 514.2907541 = 4. 384516 cm (dibulatkan 4.5 cm). Gawang lokasi tersebut diletakkan dalam posisi miring sesuai dengan kemiringan lintang tempat lokasi, karena turunnya hilal ke ufuk akan miring sesuai dengan harga lintang tempat lokasi rukyat. Karena Tanjung Kodok lokasinya 6° 51' 50.22'' Lintang Selatan, maka kemiringan equatornya adalah ke arah Utara sebesar 6° 51' 50.22''. Dengan demikian, kemiringan tepi kanan-kiri lubang gawang lokasi adalah sebesar 6° 51' 50.22'' ke Utara. Agar lebih jelas, perhatikan gambar 18 berikut:


Tinggi lubang: 4.5 cm







514.2907541 cm












S U

Anonymous said...

thx infonya..., tapi gambarnya kok ndak ada. pls help...

Anonymous said...

tolong gambanya di sent ke f.din07@ymail.com